Demokrat: Belum Ada Koalisi Resmi dengan PKS

By Replubika Newsroom
Selasa, 21 April 2009 pukul 19:24:00

JAKARTA—Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD), Achmad Mubarok, menegaskan, partainya belum membuat nota kesepakatan resmi bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menjalin koalisi.
Pertemuan Tim 9 PD dan Tim 5 PKS, kata Mubarok, hanyalah pertemuan yang membahas konsep-konsep politik yang ideal dilakukan dalam koalisi di pemerintahan.“Jadi belum ada penandatanganan apa-apa, semua masih konsep di kepala,” kata Mubarok dalam acara diskusi di gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/4).
Mubarok melanjutkan, pertemuan Tim 9 dan Tim 5 telah memecah persepsi PD tentang pernyataan-pernyataan publik PKS yang selama ini disampaikan melalui media. Berbeda dengan bahasa di media yang terkesan penuh bombastis, konsepsi politik yang disampaikan Tim 5 PKS justru menunjukkan kedewasaan cara pandang politik partai pimpinan Tifatul Sembiring tersebut.“Kalau di koran DPP PKS kesannya penuh kegenitan, tapi saat berdiskusi ternyata mereka bijak dan banyak pandangannya punya kesamaan dengan Demokrat,” papar Mubarok.
Dia mencontohkan, mengenai calon wakil presiden yang bakal mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), PKS justru tidak ingin memfokuskan pembicaraan sempit pada posisi tersebut. “Mereka tidak menawarkan Hidayat Nur Wahid, semua diserahkan pada presiden.”
Atas dasar komunikasi Tim 9 dan Tim 5, kata Mubarok, PD semakin yakin jika keputusan akhir PKS haruslah melalui mekanisme sidang majelis syuro. “Jadi sekarang apa pun kata orang DPP PKS di media, termasuk mengancam-ancam, Demokrat senyum-senyum saja.”
Ihwal putusan SBY tentang cawapresnya, Mubarok menerangkan, sejauh ini SBY tidak pernah memasukkan para kandidat cawapres ke dalam kotak calon yang mungkin dan calon yang tidak mungkin.
Lima kriteria cawapres yang disampaikan SBY, tidak ditujukan untuk membuat pagar bagi semua kandidat cawapres. “Orang menilai dengan lima poin itu JK sudah tidak bisa masuk, padahal belum ada satu pun yang diputuskan. Pak SBY biasanya ambil keputusan pada last minute,” tandas Mubarok.ade/kpo

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: